Wedding Batak Exhibition 2024, Pameran Pernikahan Adat Batak Pertama di Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan adat dan budaya yang berlimpah. Salah satunya adalah adat Batak yang ternyata memiliki 5 budaya utama yaitu Toba, Karo, Pakpak, Simalungun dan Mandailing. Mulai dari bahasa, baju adat hingga prosesi pernikahannya ternyata memiliki ciri khasnya masing-masing. Saya berkesempatan untuk menghadiri acara pembukaan pameran pernikahan adat Batak pertama di Indonesia, yaitu Wedding Batak Exhibition 2024 yang digelar di SMESCO Convention Hall Lt. 2, 7-8 September 2024.

Helaparumaen dan Chathaulos mempersembahkan Wedding Batak Exhibition 2024 ini untuk memperkenalkan kekayaan budaya adat Batak serta menghadirkan para pelaku usaha di bidang jasa pernikahan Batak. Harapannya acara ini bisa dijadikan referensi dan barometer para calon pengantin Batak untuk mempersiapkan hari bahagianya.
wedding batak exhibition 2024

Acara pembukaan dibuka dengan keynote speech dari Bapak Trimedi Panjaitan serta Ibu Martha Sirait Napitupulu yang menggugah kebanggaan masyarakat Batak untuk terus melestarikan budayanya serta menyentuh hati para calon pengantin yang ingin mengikatkan cinta kasihnya dalam balutan adat Batak.

Tabuhan alat musik khas Batak oleh Donny Silalahi dan Cynthia Panjaitan selaku founder Helaparumaen serta Martha Simanjuntak selaku pendiri Chathaulos menjadi penanda Wedding Batak Exhibition 2024 resmi dibuka. Disambung dengan persembahan tarian yang menghadirkan 5 pakaian adat menambah kemeriahan acara.

Saya pun berkunjung ke beberapa booth di pameran pernikahan adat Batak pertama di Indonesia ini dan menemukan beberapa vendor penyedia jasa pernikahan Batak mulai dari jasa foto pre-wedding, baju pengantin khas Batak, dekorasi, jasa Wedding Organizer, katering pernikahan Batak hingga klinik kecantikan untuk para calon mempelai yang berbahagia agar tampil menawan di hari pernikahannya kelak.
Helaparumaen dan Chathaulos
Opening Ceremony Wedding Batak Exhibition 2024

Tak hanya itu, pengunjung pun dapat menikmati pagelaran fashion show yang dipersembahkan oleh Chathaulos by Martha Simanjuntak yang menghadirkan pakaian-pakaian adat Batak yang tampak memukau dibawakan oleh para model yang cantik dan tampan. Acara adat Batak tak lengkap tentunya tanpa alunan musik dan nyanyian lagu Batak yang membuat para pengunjung ikutan bersenandung.

Buat para calon pengantin Batak, kamu juga bisa berkonsultasi loh di sejumlah booth jasa wedding organizer untuk mempersiapkan acara pernikahan, mencicipi makanan katering serta berdiskusi terkait anggarannya. Dan spesial hanya untuk pengunjung Wedding Batak Exhibition 2024, kamu bisa mendapatkan berbagai promo spesial dan diskon khusus loh!

Berbagai desain baju pengantin adat Batak pun terlihat sangat anggun dan menawan, para calon mempelai pastinya akan terlihat bak Raja dan Ratu sehari di hari berbahagianya. Perpaduan kain dan motif ulos khas Batak pada baju calon pengantin terlihat sangat indah. Tak perlu galau, kamu juga bisa mewujudkan gaun pengantin impianmu di sini.

Para pengunjung juga bisa mengikuti sejumlah talkshow yang diadakan di Wedding Batak Exhibition 2024 loh. Salah satunya, yang saya ikuti adalah talkshow Harta, Tahta dan Wanita bersama Ina Rachman dan Martha Simanjuntak yang membahas terkait budaya dan hukum adat Batak terutama untuk para wanitanya.

Dalam sehari, saya serasa travelling ke Sumatera Utara dan mengenal berbagai budaya Batak. Masih ada waktu, yuk segera datang dan kunjungi Wedding Batak Exhibition 2024 yang masih berlangsung hingga hari Minggu, 8 September 2024 di SMESCO Convention Hall Lt. 2. Horas!

Tidak ada komentar