Tips Merawat Kulit Remaja Agar Tampil Percaya Diri dan Berprestasi

Memiliki anak yang beranjak remaja merupakan tantangan tersendiri. Di satu sisi, kita sebagai orang tua harus mendukung perkembangan akademisnya sesuai minat dan bakatnya, namun juga kita harus membantu anak untuk beradaptasi dan melalui masa-masa remajanya. Apalagi terjadi banyak perubahan yang signifikan yang dialami oleh anak-anak yang memasuki fase pra-remaja.

Yang seringkali menjadi momok bagi anak-anak yang sedang memasuki masa pra-remaja adalah adanya berbagai perubahan fisik yang tak jarang membuat mereka kehilangan rasa percaya diri. Salah satunya adalah berbagai permasalahan kulit yang tak jarang mengganggu penampilan anak seperti jerawat, bau badan hingga munculnya kumis pada anak laki-laki dan menstruasi pada anak perempuan.

Sejak dulu hingga saat ini, sepertinya jerawat masih menjadi musuh nomor satu setiap orang. Tak terkecuali anak-anak yang mulai memasuki masa pra-remaja yang mulai berjerawat karena pengaruh hormon. Salah satunya anakku yang mulai mengalami masalah jerawat di wajahnya. Yang bikin aku khawatir, takutnya anak malah menjadi minder karena masalah penampilannya dan berdampak ke prestasi akademiknya. Duh, jangan sampe deh!

Kebetulan sekali, aku mengikuti webinar edukasi Sinotif pada Sabtu, 28 September 2024 yang membahas topik Merawat Kulit Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar Remaja bersama narasumber dr. Ariana Suryadewi, founder The Aesthetics Clinic.

Seru banget loh ngobrol bareng di webinar kemarin itu, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dari orang tua yang juga menghadapi masalah yang sama kaya saya. Menurut dr. Ariana, baik anak perempuan maupun laki-laki harus mulai menerapkan rutinitas perawatan wajah setiap harinya. Ada beberapa kesalahan umum perawatan kulit wajah yang sering dilakukan remaja diantaranya adalah:
Webinar Sinotif

Jarang melakukan double cleansing. Padatnya aktivitas remaja membuat debu dan kotoran betah tertumpuk di pori-pori wajah. Ada baiknya remaja menerapkan rutinitas membersihkan wajah dengan cleansing oil/micellar water lalu dilanjutkan dengan pembersih wajah sesuai tipe kulitnya masing-masing.

Terlalu sering mencuci wajah. Mungkin ada yang berpikiran untuk mencuci wajah sesering mungkin agar wajah tetap bersih dan bebas minyak. Padahal, hal ini bisa membuat wajah kehilangan kandungan minyak alaminya. Cukup lakukan rutinitas mencuci wajah 2 kali dalam sehari. Oh ya, sebaiknya hindari juga ya pembersih wajah berbahan scrub yang berisiko membuat kulit wajah mengalami iritasi

Tidak melakukan basic skincare. Untuk usia remaja, tidak perlu untuk menerapkan rutinitas skincare berlapis-lapis. Cukup gunakan pembersih wajah, pelembab dan sunscreen. Praktis kan?

Urutan Basic Skincare Untuk Remaja

Untuk memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat, anak remaja disarankan untuk memulai rutinitas skincare dasar dengan menerapkan 3 langkah, yaitu membersihkan, melembabkan dan memakai sunscreen. Bagi yang memiliki permasalahan kulit yang lebih kompleks, dr. Ariana founder The Aesthetics Clinic menyarankan untuk rajin berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan solusi dan penanganan yang tepat.

Membersihkan Wajah
Langkah pertama untuk rutinitas skincare dasar bagi remaja adalah membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah sesuai jenis kulit masing-masing. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran, minyak dan sel-sel kulit mati. Bagi yang memiliki jenis kulit wajah cenderung kering, pilihlah produk pembersih wajah yang mengandung ceramide, gliserin dan asam hialuronat (Hyaluronic acid). Sementara, untuk yang memiliki jenis kulit berminyak bisa memilih produk pembersih wajah yang mengandung asam salisilat (Salicylic acid). Lakukan di pagi dan malam hari, cukup 2 kali dalam sehari.

Melembabkan Wajah
Langkah kedua perawatan wajah dasar untuk remaja adalah menggunakan pelembab wajah yang berfungsi untuk menjaga kadar air di permukaan kulit. Bagi yang memiliki jenis kulit kering dan sensitif bisa memilih produk pelembab dengan tekstur krim, sementara bagi pemilik kulit berminyak bisa memilih tekstur cair atau gel. Sebaiknya pilih pelembab yang tidak mengandung alkohol untuk menghindari risiko iritasi.

Memakai Sunscreen
Urutan terakhir yang tak kalah penting dalam rutinitas skincare dasar untuk remaja adalah penggunaan sunscreen untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Gunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30 atau lebih sekitar 30 menit sebelum beraktivitas/bepergian. Pastikan kandungannya memiliki label non comedogenic/non acnegenic yang artinya tidak akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Memiliki wajah yang bersih, sehat dan terawat akan membuat anak percaya diri sehingga bisa lebih fokus belajar dan meraih prestasi. Sebagai orang tua, kita tentu ingin memberikan fasilitas terbaik untuk membantu anak dalam belajar. Tak perlu risau apalagi galau, karena ada Sinotif bimbel online interaktif yang fokus pada pelajaran eksakta, yaitu Matematika, Fisika dan Kimia. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Sinotif yang didirikan sejak 25 Maret 2000 telah melayani ribuan siswa dari berbagai kota di Indonesia dan bahkan di 13 negara lainnya.

Keunggulan Bimbel Online Sinotif

Bingung memilih bimbel online terbaik untuk anak? Nih Moms dan Dads, saya spill sejumlah keunggulannya Sinotif. Semoga bisa menjadi pertimbangan ya.

Spesialis Eksakta (Matematika, Fisika, Kimia)
Setiap siswa akan dibimbing oleh 3 guru berbeda untuk masing-masing mata pelajaran Matematika, Fisika dan Kimia. Sehingga anak-anak akan lebih fokus memahami setiap materinya.

Program Belajar Sesuai Kebutuhan
Materi pembelajaran disusun dengan mempertimbangkan karakter siswa, materi yang sedang dipelajari di sekolah, dimana siswa bersekolah dan bisa jadi juga persiapan untuk menghadapi ujian/kompetisi.

Modul Belajar Lengkap dan Sistematis
Sinotif menyediakan modul Paket 7 Lapis yang berisi rangkuman materi hingga soal-soal latihan yang sudah disusun secara sistematis.

Pendekatan Personal
Sinotif akan menyesuaikan gaya belajar dan karakter anak karena pada dasarnya setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda.

Laporan Belajar Berkala
Orang tua akan mendapatkan evaluasi serta pemaparan rencana belajar siswa secara rutin. Sinotif akan menjalin komunikasi rutin dengan orang tua untuk mendukung kemajuan perkembangan belajar anak.

Fasilitas Tanya PR 24 Jam Nonstop
Dengan belajar di Sinotif, siswa akan mendapatkan fasilitas untuk menanyakan PR selama 24 jam melalui aplikasi Tanya Jawab Soal yang akan dijawab oleh lebih dari 130 guru di Indonesia.

Garansi Uang Kembali
Jika siswa merasa kurang cocok selama belajar, Sinotif memberikan garansi pengembalian uang.

So, tunggu apalagi, segera daftarkan anak kita untuk ikutan belajar di Sinotif dan dapatkan penawaran khususnya sekarang juga. Yuk moms, kita sama-sama mengawal anak-anak melalui masa remaja dengan penuh percaya diri dan meraih prestasi terbaiknya 🙂

8 komentar

  1. Emang deh, kalo penampilan oke, sehat jasmani dan rohani itu pengaruh sama kerja/belajar.
    Kita sendiri yang udah dewasa ngerasain apalagi usia sekolah.
    Makanya investasi bukan cuma di materi tapi juga di fisik/tubuh dan wajah ya mbak...

    BalasHapus
  2. Kedua anak remajaku punya masalah jerawat juga. Si Kakak yang kuliah sedang berjerawat parah. Adiknya SMA mulai mengarah ke sana juga jerawatnya. Setuju jika memiliki wajah yang bersih, sehat dan terawat akan membuat anak percaya diri sehingga bisa lebih fokus belajar dan meraih prestasi.

    BalasHapus
  3. Jadi ingat ana-anak saya ketika masuk usia remaja. Jerawat mulai menjadi masalah. Alhamdulillah sekarang udah enggak. Ternyata masalah kulit remaja jadi bisa mempengaruhi rasa percaya diri. Beroengaruh ke belajar juga, ya

    BalasHapus
  4. Membersihkan wajah, menggunakan pelembab dan sunscreen. Cukup 3 langkah saja ya sebenarnya upaya untuk menjaga kulit remaja tetap sehat. Soalnya kalau jerawat sudah terlanjur hinggap di wajah, duh bisa gawat

    BalasHapus
  5. Mantab emang sinotif, bisa memberi terobosan melalui layanan online ya...

    BalasHapus
  6. Keponakan2 saya sedang ngalamin nih
    Dan itu ngeganggu banget, bikin gak percaya diri
    Karena suka jadi olok-olokan teman-temannya

    BalasHapus
  7. Kalo belajar dengan saksama bisa berprestasi dengan baik. Apalagi bisa pula merawat diri, jadi deh double kecenya buat para remaja

    BalasHapus
  8. Anak pra remaja tuh paling sulit untuk dikasih nasehat. Termasuk soal kebersihan tubuh dan wajah. Anak-anak saya dulu begitu. Saya harus rewel ngingetin. Itu pun jarang dilaksanakan. Padahal seusia mereka dengan kegiatan di luar yang banyak, tubuh dan wajah harus dapat perhatian ekstra. Walhasil, sering banget jerawatan dengan wajah dan badan lusuh. Ampun dah ah.

    BalasHapus